TERAPI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS/ WatsApp +6285278357652 Apakah Anda Mau Sukses dalam Bisnis???

CARA MEMBUAT DAFTAR ISI OTOMATIS DENGAN OFFICE WORD 2007

Cara dan langkah langkah membuat daftar isi ..


Setelah kita membuat Makalah/ Skripsi kita di Haruskan Membuat daftar isi, misalnya saya punya 20 halaman. Saya menulisnya menggunakan Microsoft Word 2007. Kini saatnya saya harus membuat Daftar Isi sebagian salah satu persyaratan sebuah Makalah pada umumnya. Tentu bukan hanya Makalah yang memerlukan Daftar Isi, berbagai artikel lain yang biasa kita tulis membutuhkan yang namanya Daftar Isi.
Memang ada cara manual yang biasa saya buat dalam menyusun Daftar Isi, tapi kadang kurang rapi dan biasanya kita harus mengetik ulang semua Judul item dan sub item yang akan muncul di Daftar Isi. Ternyata setelah saya mencoba mencari artikel dan panduan dalam menyusun Daftar Isi khususnya di Microsoft Word 2007, akhirnya ketemu juga dan ternyata cara tersebut sudah tersedia dalam fitur Microsoft Word 2007 yang kita gunakan.

Pasti Anda memiliki pengalaman lain tentang pembuatan Daftar Isi pada MS. Word 2007.  Namun yang perlu diingat dalam pembuatan Daftar Isi ini, kita harus sudah memiliki ketikan paling tidak sudah memuat beberapa halaman dengan Judul (Item) dan Sub Judul (Sub Item).
Untuk lebih jelasnya silahkan baca tahapan berikut :
LANGKAH  1 : Buka artikel / tulisan yang sudah Anda ketik, dan tentunya di MS. Word 2007
LANGKAH 2 : Blok tulisan yang ingin Anda tampilkan dalam daftar isi, misalnya yang pertama kali Anda blok tulisan “BAB I. PENDAHULUAN”,
LANGKAH  3 : Klik di menu Reference, pada Sub Menu Table of Contents klik di tulisan Add Teks nanti akan muncul pilihan mulai dari Level 1 sampai dengan Level 3. Silahkan Anda klik Level 1. Jangan kaget karena tulisan Anda akan bergeser ke sebelah kiri halaman dan tulisan akan berubah warna menjadi warna Biru. Anda bisa kembali menempatkannya ke bagian tengah dan mengganti warna tulisan menjadi hitam.

LANGKAH 4 : Blok Sub Item dari Bab I tersebut misalnya “A. Latar Belakang
LANGKAH  5 : Ulangi LANGKAH 3 diatas, namun untuk Sub Item tersebut silahkan pilih Level 2. Begitu seterusnya untuk Sub Item lainnya.
LANGKAH  6 : Ulangi semua LANGKAH 2 sampai LANGKAH 5 untuk Bab berikutnya.
LANGKAH  7 : Silahkan buka halaman baru di file baru MS. Word atau buat halaman baru di  akhir tulisan (pilih yang Anda mau)
LANGKAH 8 : Masih pada Menu Reference dan Sub Menu Table of Contents silahkan klik tulisan “Table of Contents” selanjutnya pilih pada “Automatic Table 1”

LANGKAH 9 : Silahkan lihat hasilnya seperti berikut :

Kalau sudah tampil Daftar Isinya, silahkan edit tulisan Contents dengan tulisan DAFTAR ISI dengan  seperti maksud awal tulisan ini. Anda dapat juga mengganti tulisan lainnya, tetapi perlu diingat bahwa Anda tidak perlu menggantinya langsung pada Daftar Isi yang sudah jadi. Namun Anda cukup kembali kepada tulisan Anda dan edit tulisan pada Judul/Item dan Sub Item yang ingin diganti. Selanjutnya Anda klik satu kali pada kotak Daftar Isi yang sudah ada, sehingga akan muncul tulisan Update Table pada bagian atasnya.


Silahkan klik Update Table dan pilih Update Entire Table selanjutnya klik OK.

Sekarang Daftar Isi tulisan Anda sudah selesai.

SILAHKAN DOWNLOAD CONTOH FILE CLICK DI SINI





No comments:

Post a Comment